Pages

budaya dan kesusastraan

KEBUDAYAAN adalah suatu kumpulan kebiasaan dan aturan-aturan yang berlaku dalam suatu masyarakat, yang jika dijalankan akan menciptakan suatu perilaku-perilaku yang diakui oleh anggota masyarakat tersebut. Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

Kebudayaan nasional yang berlandaskan Pancasila adalah perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa Indonesia dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa, serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap bidang kehidupan bangsa. Dengan demikian Pembangunan Nasional merupakan pembangunan yang berbudaya

Komponen-komponen kebudayaan antara lain :
- kesenian
- system organisasi
- organisasi social
- system mata pencaharian hidup
- system peralatan hidup dan teknologi
- system religi
- bahasa

sedangkan budaya sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi, hubungan dan saling keterkaitan kebudayaan-kebudayaan di dunia saat ini sangat tinggi. Selain kemajuan teknologi dan informasi, hal tersebut juga dipengaruhi oleh faktor ekonomi, migrasi, dan agama.

SASTRA adalah bahasa yang tersusun sebagai penghubung satu dengan yang lainnya, baik menggunakan suara, lisan, maupun tulisan. Bahasa yang baik akan menjadi alat interaksi yang baik bagi sekelompok masyarakat untuk membentuk kebudayaan yang bermartabat. Dengan bahasa dan sastra orang akan dengan mudah mempersatukan berbagai suku atau kelompok bangsa yang tersebar di segala penjuru Indonesia bahkan dunia.

Kebudayaan dan kesusastraan sangatlah berhubungan. Tanpa adanya kesusastraan atau bahasa dalam interaksi, tidak mungkin terciptanya sebuah budaya. Selain itu sebuah budaya dapat menciptakan suatu bahasa yang menjadi ciri khas mereka.

Contohnya saja, Indonesia memiliki banyak suku dan kebudayaan. Dari sabang sampai merauke terhampar berbagai perilaku dan kebiasaan yang berbeda-beda. Namun dengan adanya bahasa persatuan, yaitu Bahasa Indonesia masyarakat Indonesia dapat bersatu dan membangun Negara hingga saat ini.

0 komentar:

Posting Komentar